Wednesday, March 21, 2018

SCARY #9: HIRASUKI



Aku adalah seorang guru dan baru-baru ini, aku mendapat pekerjaan di sebuah SD. Ada kuil Budha tepat di samping sekolah dan tepat di belakang kedua bangunan tersebut, ada sebuah kuburan tua. Ada pagar logam besar dengan ujung tajam seperti tombak di sekitar kuburan itu untuk mencegah anak-anak masuk ke dalam.
Setelah beberapa hari, aku melihat sesuatu yang sangat aneh. Selalu ada serangga kecil dan kadal yang tertusuk di ujung pagar. Aku bertanya-tanya, siapa yang melakukan hal seperti itu? Meskipun mungkin itu adalah perbuatan anak nakal di SD, mungkin juga itu dilakukan oleh orang lain.

Sekolah dan kuil Buddha berbagi pintu masuk yang sama, jadi ada orang-orang datang dan pergi sepanjang hari. Ada juga beberapa siswa sekolah dasar yang sering bermain di kuburan, jadi sulit untuk mengatakan siapa yang melakukannya.
Namun, suatu hari, seekor tikus ditemukan tertusuk di pagar. Kepala sekolah menemukannya dan segera membersihkannya, meletakkan mayat hewan itu di tempat sampah. Beberapa hari kemudian, seekor ayam tertusuk di pagar. Semua kejadian ini menjadi semakin buruk dan buruk.
Kepala sekolah memutuskan bahwa sesuatu harus dilakukan. Dia mengadakan pertemuan dengan para guru dan mengundang beberapa bikus dari kuil Budha untuk hadir juga.
"Siapa yang melakukan ini?" Dia bertanya. “Apa yang harus kulakukan untuk menghentikannya? "
Ada diskusi panjang, tetapi sepertinya tidak ada yang punya solusi. Setelah hampir satu jam, kami masih belum tahu siapa yang melakukannya atau bagaimana menghentikannya terjadi lagi.
Beberapa hari kemudian, seekor kelinci ditemukan tertusuk di pagar. Itu bukan sembarang kelinci. Itu adalah kelinci hewan peliharaan di SD. Kami menyimpannya di dalam sangkar di salah satu ruang kelas dan anak-anak diizinkan untuk memberinya makan. Aku menemukannya di pagi hari saat aku tiba di tempat kerja.
Ketika aku berbicara dengan salah satu pendeta Buddha, dia memberi tahu aku bahwa dia telah membersihkan rumput liar di kuburan tadi pagi dan kelinci yang mati itu tidak ada di sana. Itu berarti bahwa pelakunya harus menusuk kelinci di pagar tepat sebelum aku tiba.
Salah satu anak di kelasku telah datang pagi-pagi ke sekolah saat itu, jadi aku bertanya apakah dia melihat sesuatu.
 Anak itu hanya mengatakan satu kata: "Hisaruki"
"Hisaruki?" Aku mengulang. "Apa itu Hisaruki?"
Aku bertanya berulang-ulang, tapi sepertinya anak kecil itu tidak bisa menjelaskan maksudnya. Dia hanya menutup matanya dengan tangannya dan terus menggelengkan kepalanya dan mengulangi, "Hisaruki ... Hisaruki ... Hisaruki ..."
Kemudian, aku bertanya kepada anak-anak lain tentang "Hisaruki". Setiap anak di kelas tahu nama itu, tetapi tidak ada yang bisa menjelaskan siapa atau apa Hisaruki. Itu sangat membuatku frustrasi.
Ada juga hal lain yang menurutku aneh. Anak-anak tahu bahwa kelinci peliharaannya telah dibunuh, tetapi tidak ada yang merasa sedih karenanya. Seolah-olah mereka semua menerimanya. Aku memiliki perasaan yang aneh bahwa mereka bahkan mengharapkan hal itu terjadi.
Di penghujung hari, orang tua anak-anak datang menjemput mereka. Aku bertanya kepada orang tua apakah mereka pernah mendengar nama "Hisaruki", tetapi tidak ada dari mereka yang ingat anak-anak mereka pernah menyebutkannya. Aku memutuskan bahwa itu mungkin karakter dari acara TV atau manga.
Ketika aku bersiap-siap untuk pergi, salah satu guru lain memanggilku.
"Hirasuki? Aku yakin aku pernah melihat gambar dengan nama itu di atasnya," katanya.
Ia mengatakan kepada aku bahwa beberapa tahun yang lalu, dia melihat lukisan yang digambar oleh seorang anak di kelasnya ... seorang anak kecil ... dan dia yakin bahwa nama yang tertulis di bawah gambar itu adalah "Hisaruki".
“Apa yang terjadi pada bocah kecil itu?” Aku bertanya.
"Dia pergi," jawabnya. "Tapi aku ingat bahwa kepergiannya cukup aneh"
Dia mengatakan kepada aku bahwa anak itu telah absen dari sekolah selama seminggu. Kemudian, suatu pagi, orang tuanya muncul untuk mengumpulkan buku sekolahnya. Mereka tampak terburu-buru dan tidak mau bicara. Yang mereka katakan adalah bahwa putra mereka mengalami kecelakaan dan mereka pindah ke kota lain, tetapi mereka menolak untuk menjelaskan lebih lanjut. Guru memberi mereka buku-buku dan saat mereka pergi, dia melihat anak mereka sedang duduk di bagian belakang mobil.
"Dia memakai penutup mata," katanya. "Bukan hanya satu mata, tapi dua... di kedua matanya"
Hanya itu yang bisa dia katakan padaku. Dia tidak tahu apa yang terjadi pada bocah itu setelah itu. Orang tuanya pergi dan dia tidak pernah melihatnya lagi.
Keesokan paginya, ketika aku tiba di sekolah, kepala sekolah memberi tahu aku bahwa dia telah menemukan seekor kucing yang tertusuk di pagar. Aku menggeleng tak percaya. Sepertinya tidak akan berhenti.
Siang itu, selama istirahat makan siang, anak-anak bermain di halaman dan giliranku untuk mengawasi mereka. Aku memperhatikan seorang bocah di dekatku tiba-tiba berhenti bermain dan melihat ke langit.
"Itu Hisaruki," katanya.
Pesan itu disampaikan di sekitar taman bermain dari anak ke anak, seperti permainan bisikan. "Hisaruki" ... "Hisaruki" ... "Hisaruki" ...
Lalu, satu demi satu, anak-anak berhenti bermain dan menutup mata dengan tangan mereka. Beberapa dari mereka berdiri dan yang lainnya berjongkok, tetapi semuanya tidak bergerak. Pagi itu cerah tapi ada kesunyian yang membuatku tidak nyaman.
Aku berlutut di depan bocah lelaki yang terdekat denganku dan berkata, “Aku tidak melihat apa-apa. Siapa Hisaruki? "
Anak laki-laki itu tidak menjawabku, jadi aku menarik tangannya menjauh dari matanya. "Aku ingin tahu," kataku tegas. "Siapa Hisaruki?"
"Entahlah," gerutunya sambil berusaha menutupi matanya lagi.
Aku meraih pergelangan tangannya. "Katakan padaku!" Aku menuntut. "Siapa Hisaruki?"
Bocah itu menjulurkan jari telunjuk di kedua tangannya dan mengangkatnya di depan wajahku. Lalu, tiba-tiba, dia mencoba menusukkannya ke mataku.
Aku terkejut, tapi untungnya aku bisa menggerakkan kepala ke samping dan menghindari serangan itu. Sebelum aku memiliki kesempatan untuk bereaksi, bocah itu melepaskan diri dari genggamanku dan mulai menusukkan jari-jarinya ke matanya sendiri.
Aku bergumul ke tanah dan berusaha mati-matian untuk menghentikannya mencongkel matanya sendiri.
"Tolong aku!" teriakku. Salah satu guru lain datang berlarian dan bersama-sama, kami berhasil menghentikan bocah itu. Kami membawanya ke rumah sakit dan para dokter berhasil menyelamatkan matanya.
Setelah itu, tak ada lagi hewan yang tertusuk di pagar besi itu. Tak satu pun dari anak-anak tersebut menyebutkan "Hisaruki". Sesekali, aku melihat mereka menutupi mata mereka ketika mereka berada di luar di taman bermain, tetapi aku hanya berusaha mengabaikannya.
Kadang-kadang, aku masih menemukan kadal kecil dan serangga yang tertusuk di pagar besi, tetapi aku memilih untuk mengabaikannya juga. Aku tidak pernah menanyai anak-anak tentang "Hisaruki" lagi. Ada beberapa hal yang lebih baik tak kau ketahui.

7 comments:

  1. Waaaah... Jangan2 kecelakaan yg dimaksud, mata si hisaruki ketusuk pagar nih.... Ngilu ih..

    ~Nadeshiko~

    ReplyDelete
  2. Ada lhoo spesies burung yg ngebunuh hewan buruannya ditancepin ke benda2 yg runcing kyk pager tajem gitu. ini kenyataan. selain buat ngebunuh, buat makan juga. biasanya yg ditancepin tu burung kecil, tikus kecil, serangga.

    bukan karena hantu atau org iseng atau apalah

    ReplyDelete
    Replies
    1. ehm.


      itu.


      ada.


      ayam.


      kelinci.


      ama.


      kucing.


      juga.

      Delete
  3. Ga ngerti yg ini apa maksudnya

    ReplyDelete
  4. Hirasuki atau Hisaruki sih? Dua nama yang berbeda, atau typo, atau sebuah clue?

    ReplyDelete