Friday, August 23, 2019

REDDIT DARK TALES #10: JANGAN PELUK NENEK TERLALU ERAT


Judul Asli: “Don't Hug Grandma Too Tight”

Penulis: WinsomeJesse



Mama tahu kau sangat senang bisa bertemu lagi dengan nenek, Sayang, tapi mama mohon, jangan peluk nenekmu terlalu erat, ya? Beliau sudah sangat tua. Tulang-tulangnya amat rapuh sekarang dan kamu tidak ingin menyakitinya, kan?


Dan jangan katakan hal yang menyakitkan tentang bau-nya, oke? Saat orang-orang menua, tubuh mereka berubah. Nenekmu mungkin tidak tercium seperti dulu, namun itu bukan salah beliau. Hal ini sangatlah normal. Baunya juga akan memeuhi ruangan. Jika kau merasa sedikit mual, itu juga normal.

Mama tahu ada banyak lalat, Sayang, tapi jangan katakan apapun pada nenekmu. Halau saja mereka atau hiraukan saja. Lalat-lalat itu tak bisa menyakitimu. Mereka juga tak menyakitinya.

Tidak, kita tidak bisa membuka tirainya! Nenekmu lebih menyukai kamar yang gelap. Nenekmu sangat menjaga privasi beliau. Kita harus menghormatinya.

Ya, Mama tahu tubuh nenekmu sangat dingin. Ketika kau sudah tua, kadang-kadang sistem sirkulasimu tidak bekerja dengan baik. Itu artinya darahmu tidak akan mengalir seperti yang seharusnya. Kedengarannya buruk memang, tapi beliau baik-baik saja kok. Nenekmu hanya merasa sedikit kedinginan. Namun beliau sudah terbiasa dengan itu sekarang.

Tidak, kau tidak boleh mengajak nenekmu berbicara. Pendengaran nenekmu buruk dan tenggorokan beliau sangat kering, jadi sanga sulit baginya untuk berbicara. Beri tahu saja nenekmu bahwa kau mencintainya dan jangan diambil hati jika beliau tidak membalasnya.

Tidak ada sesuatu yang merangkak keluar dari lubang hidung nenekmu, Sayang. Kondisinya gelap di sini. Kau pasti salah lihat.

Tentu saja, kita bisa kembali dan mengunjungi neliau lagi kapan-kapan. Kita semua sayang sama Nenek. Kita ingin semua orang tahu bahwa kita menyayangi beliau dan betapa bahagianya kita bisa melihat beliau lagi.

Kamu mengerti?

Kamu harus mengatakan pada orang-orang bahwa kau melihat nenekmu. Katakan juga pada mereka bahwa beliau baik-baik saja. Dia akan berumur panjang hingga bertahun-tahun ke depan.

Sekarang, jadilah anak yang manis dan ambil surat yang ada di kotak pos itu. Yang amplopnya bertuliskan “Dana Pensiun”, Sayang. Nenekmu ingin kita memilikinya.

Ucapkan selamat tinggal pada nenekmu. Bilang kau sayang pada beliau.

Jangan khawatir, kita akan kembali bulan depan.


5 comments:

  1. padahal neneknya udah meninggal tapi nggak dikubur dan nggak dikabarin ke orang2 , biar dana pensiunnya tetep keluar

    ReplyDelete
  2. sempat aja yak ngambil dana pensiunnya.

    ReplyDelete