Wednesday, August 21, 2019

REDDIT DARK TALES #9: GILA KAN KITA CUMA MEMBUANG MAYAT BEGITU SAJA?


Judul Asli: “It's Crazy That We Just Throw Dead People Away”

Penulis: PunchMeat



Ini benar-benar menganggu pikiranku! Maksudku, semua orang setuju bahwa membedah mayat dan mendonasikan organ tubuh untuk didonorkan atau untuk penelitian medis itu dibenarkan. Namun kenapa hanya untuk tujuan itu saja? Tak semua orang butuh donor ginjal! Tak semua orang ilmuwan atau dokter juga!

Tubuh kita memiliki banyak manfaat selain itu!


Pertama, dagingnya! Dengar, aku akui bahwa daging manusia takkan seenak wagyu, tak 100% dapat dimakan, dan ditangan koki yang handal, rasanya akan sangat lezat! Seperti babi, dagingnya sangat halus (tergantung orangnya sih) dan ada banyak protein serta nutrisi lainnya. Bahkan daging yang lebih tua, walaupun memang sedikit lebih alot, masihlah enak untuk dimakan. Dan jika kau tak suka makan daging manusia, kau masih bisa menggunakan sebagai umpan untuk berburu. Negara-negara berkembang jelas akan sangat diuntungkan bila kita boleh memanfaatkannya, bahkan kita bisa menjadikannya pakan ternak!

Kemudian kulitnya, yang punya banyak manfaat apabila disamak. Sampul buku, jaket kulit, sabuk, topi, sebut saja. Kulit manusia sangatlah halus dan mudah dikerjakan (tidak tebal dan berat seperti kuit hewan) dan percayalah, hanya seorang ahli yang bisa membedakan sabuk yang terbuat dari kulit sapi dengan yang terbuat dari kulit manusia. Kau bisa menggunakannya sekarang dan takkan ada yang mengenalinya! Bahkan kau bisa membanggakan kualitasnya. Sangat eksotis!

Tulang, nah, bagiku justru itu yang paling bermanfaat buatku. Daging bisa membusuk sehingga bisa berbahaya jika dikonsumsi, jadi kita akan butuh banyak regulasi tentang keamanannya. Tapi tulang dapat bertahan hingga ratusan tahun! Dan mereka ada dimana-mana! Kau bisa membuat banyak perkakas, dari pisau hingga mata panah sampai peralatn makan. Tulang pada jari tangan dan kaki juga ukurannya sempurna untuk dijadikan perhiasan dan pernak-pernik manis lainnya. Mereka bisa diukir seperti halnya gading, bahkan hasilnya sama indahnya, ini benar-benar menggelikan! Kita bisa menghentikan perdagangan gading dan menyelamatkan populasi gajah yang makin langka, jika saja seni mengolah tulang manusia bisa diterima oleh masyarakat.

Tapi tidak. Kita lebih takut dengan aturan-aturan dan norma sosial bodoh yang diterapkan sekelompok penggembala kambing bodoh ribuan tahun lalu.

Fakta bahwa orang-orang mengubur jenazah yang masih bagus, atau lebih buruk lagi, membakar mereka hingga menjadi abu, adalah sangat sangat sangat merugikan dalam masyarakat kita. Toh, kita mendaur ulang segalanya kan, kenapa tidak tubuh manusia?

Jika kalian bertanya padaku, membuang mayat begitu saja adalah sebuah kegilaan. Bagiku, memanfaatkan mayat manusia untuk berbagai keperluan adalah hal yang amat waras.

Ya jelas, pendapatku ini amatlah rasional bukan.

Namun sayang, hakim tidak setuju.

2 comments: